tweety

Get Gifs at CodemySpace.com

Tuesday, June 14, 2011

Download & Penyimpanan Data

download & penyimpanan data uda sering kita denger di lingkungan kita. tapi apa sech arti sebenernya dari download.. ayoo kita bacaa.. di sini juga ak jelaskan tentang dekompresi n kompresii n ftp..

Pengertian Upload & Download
** Upload merupakan suatu proses penyalinan data yang dilakukan dari komputer lokal ke sebuah komputer server pada suatu jaringan (internet).
** Download merupakan suatu proses penyalinan data yang dilakukan dari sebuah komputer server pada suatu jaringan (internet) ke komputer lokal.

ini pengertian tentang upload dan download, sekarang kita lanjut ke "FTP"..

FTP (File Transfer Protokol)
Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali diperlukan transfer (pertukaran) data antar komputer.
Dengan FTP ini dapat dilakukan tukar menukar informasi yang berupa file secara mudah dan murah.
Fasilitas FTP sering digunakan untuk menyalin (men-download) file dari server komputer yang ada di internet ke komputer lokal.Komputer server yang menyediakan data dan informasi yang dapat disalin (di-download) oleh usernya berjumlah cukup banyak, dan untuk dapat menyalin file dari sebuah server harus diketahui lebih dahulu alamat lengkap servernya.Klien (komputer lokal) dan server (komputer remote) yang memiliki utilitas FTP tidak tergantung dari mana lokasi komputer itu berada, bagaimana cara  koneksinya dan bahkan apa sistem operasi yang digunakannya.



FTP Server
FTP server, berupa sebuah komputer server yang memberikan falitias FTP dengan tujuan untuk menerima koneksi(hubungan) dari luar. 
Ada dua jenis server komputer yang dapat dihubungi dengan fasilitas FTP, yaitu :
** Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server. Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet.

** Private FTP Server, Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh user tertentu yang terdaftar secara resmi.
 
FTP Client
FTP Client (Klien FTP) merupakan sebuah sistem komputer lokal yang hendak melakukan koneksi
dengan
server FTP melalui jaringan internet atau LAN agar dapat melakukan proses pentransferan data (pentransferan file) dengan komputer server FTP.

Komputer lokal ini harus memiliki software FTP client.

Kompresi dan Dekompresi
**Kompresi yaitu memampatkan/mengecilkan ukuran data asli.
Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.
** Teknik untuk mengembalikan data yang telah terkompresi ke ukuran semula disebut dengan dekompresi.


Kompresi Data Berdasarkan Mode Penerimaan Data~ Dialoque Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan berdialog (real time), seperti pada contoh video conference.
~ Retrieval Mode: yaitu proses penerimaan data tidak dilakukan secara real time.

Aplikasi Kompresi
**ZIP File Format 
~ Ditemukan oleh Phil Katz untuk program PKZIP kemudian dikembangkan untuk WinZip, WinRAR, 7-Zip.
~ Berekstensi *.zip dan MIME application/zip
** RAR File
~ Ditemukan oleh Eugene Roshal, sehingga RAR merupakan singkatan dari Roshal  Archive pada 10 Maret 1972 di Rusia. 
~ Berekstensi .rar dan MIME application/x-rar-compressed.
sekilas info ajha nie buat kalian-kalian yg baca.. nie tentang Online Storage.
** Bagi orang-orang yang bekerja dengan komputer, mereka tidak bisa lepas dari media penyimpanan.
** Semua data yang berkaitan dengan pekerjaan maupun data pribadi dalam bentuk softcopy biasanya disimpan di hardisk, disket, cd atau flash disk.
** Media penyimpanan ini disebut dengan Online Storage.

No comments:

Post a Comment