tweety

Get Gifs at CodemySpace.com

Monday, June 13, 2011

kuliah pun d mlai..

akhirnya minggu perkenalan pun telah lwat .. skrang saatnya bljar lg.. hadeeh... minggu" melelahkan di mulaaii.. hari senin aku ada dapet mata kuliah "kalkulus II" n "IIN" .. pagi-pagi uda dpet kalkulus.. memang penyegaran otak yang bagus..hahaha.. tp enaknya di kelas nie tuch dosennya pasti dteng telat .. stngah jam dr jam kuliah baru dteng .. kadang ampe sejam .. mantaaabhh .. trz abs itu baru lanjut ke "IIN".. lumayan lama buat nunggu jam kelas "IIN" coz ak mesti nunggu ampe 2 jam .. weeeww.. kdang ampe bosen nungguu..hahaha.. untung di kantin ada tv jdi bsa nnton jg .. :)

kelas "IIN" ak mulainya jam 11.20 ampe jam 14.20.. lamaa bgd y .. ampe ngantuk ak bljaar..hahaha
tp krn masih  hari prtama kuliah jadii ak masih semangat-semangatnya..hahaha
tp minggu nie ak telat 1 jam.. untung aja bu dosen baik jadi ga di usir dari kelas dech .. kalo ampe d usir bakal maluu abiss ak ..haha
di kelas ini kedua asdosnya bu dosen juga ikutan ngajar.. kadang bkin kita ampe bingung.. tp y uda lha ikutn ajha.. yg pnting ada ilmu masuk otak..hha

okeh .. next kita msuk lngsung k materii.. materi awal tentang "INTERNET & INFRASTRUKTUR " di materi ini ada beberapa pembahasan yaitu :
 ** TOPOLOGI JARINGAN INTERNET 
 ** STRUKTUR WEB 
 ** WEB BROWSER
 **WEB SERVER & WEB CLIENT 

pertama-tama tentang "topology jaringan internet".. topology terdiri dari 5 buah jenis yaitu :
** Topologi bintang (star)
** Topologi cincin (ring)
** Topologi bus
** Topologi mesh
** Topologi pohon(tree)

skrang kita bhas 1 per 1.. weeww.. bkal bnyk bnget niee, tp ga apa, ga bakal aku bahas semua kok .. :) kita mulai dari "Topologi bintang"..


** Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.** Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
** Kelebihan :
  Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
 
Tingkat keamanan termasuk tinggi.
 
**Kekurangan :  Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.
"Topology cincin" :
**
Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

"Topology Bus" :
** Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer.
** Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

"Topology Mesh" :
**
Topologi jala atau mesh adalah sejenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antarsentral secara penuh.
**
Topologi ini selain kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

"Topology Pohon" :
**
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat, kadang disebut juga topologi mesh.
**
Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat, sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.

** Adapun
kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.

pembahasan tentang topologi uda selese sekarang kita lanjut ke "Struktur Web".. pebahasan tentang "Struktur Web" cuma menjelaskan tahap-tahapnya aja.. yuux kita bacaa.. :)
"Tahap – Tahap dalam Struktrur Web" :
** Logo & Frontpage
** About us
** Services / Our Services
** Dll

itu aja sech tahap-tahapnya .. sekarang lanjut lageee ke "Web Server".. Pengetahuan dalam bidang jaringan, khususnya yang berhubungan dengan web server sangat diperlukan. biasanya client menghubungi "Web Server" dengan cara memasukan URL Address. 
** Ada
beberapa URL Address yang dapat digunakan oleh Client, antara lain :

  *Nama domain, seperti http://www.sonival.co.nr
  *Nama host, seperti http://budi atau http://my.opera.com/sonival
 

  * Alamat IP, seperti http://152.118.34.58
2 pembahasan lagii abis tuch selese dech .. langsung lanjut ke materi baru lagii..haha,. sekarang ini kita ngebahas tentang "Web Browser".
Web yg dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membacar halaman-halaman web yg tersimpan dalam webserver melalui protokol yg di sebut HTTP(Hypertext Transfer Protocol).
Terakhir kita bahas tentang "Browsing". Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link(sambungan) dengan dokumen lain, baik yg tersimpan dalam webserver yg sma maupun di webserver lainnya. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai "Browsing", ada juga yg menyebutnya sebagai "Surfing".

itu pembahasan terakhir dari materi
"INTERNET & INFRASTRUKTUR ". semoga ga bosen ngbacanya, dan bisa dapat ilmu tambahan.







No comments:

Post a Comment